Tips Desain Rumah Minimalis Modern

Desain rumah minimalis modern sudah mulai banyak diterapkan untuk rumah – rumah di masa kini.  Desain tersebut seolah menjadi solusi untuk hunian mungil yang memiliki lahan terbatas tetapi tetap menjadi hunian yang nyaman dan juga menawarkan visual yang terkesan luas. Bagi sebagian orang, mendesain rumah bergaya minimalis tentu bukanlah hal mudah. Apalagi jika baru pertama kali mencoba membuat desain tersebut.

Design Rumah Minimalis
Design Rumah Minimalis

Sebenarnya, untuk membuat sebuah rumah minimalis terkesan luas dan cantik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain rumah tersebut. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya

Memperluas Kesan Visual Rumah Minimalis

Gunakan keramik atau penutup lantai dengan warna yang seragam. Menggunakan keramik dengan ukuran besar juga dapat menjadi salah satu cara untuk menciptakan kesan luas pada ruangan. Hindari menggunakan banyak warna pada lantai karena justru akan memberikan kesan berantakan dan interior terasa lebih sempit.

Ketinggian Langit – langit

Kesan visual sebuah rumah minimalis juga sangat dipengaruhi oleh ketinggian langit – langit. Para desainer interior menganjurkan para pemilik rumah bergaya minimalis untuk membuat langit – langit lebih tinggi. Jika tidak memungkinkan untuk melebarkan area tanah, maka cara yang dapat ditemuh adalah meninggikan langit – langit. Hasilnya, interior akan terkesan lebih luas meskipun luasnya terbatas. Selain itu, cat langit – langit dengan warna yang lebih ringan dari dinding. Hindari mengecat langit – langit dengan warna gelap karena dapat memberikan kesan sempit.

2014-08-life-of-pix-free-stock-photos-smart-apartment-loft-design-inside-lounge
Tata Ruang dan Pencahayaan

Pencahayaan

Sebuah rumah mungil berdesain minimalis dan modern wajib memperhatikan elemen pencahayaan yang ada di rumah. Pastikan untuk memasang beberapa lampu di dalam ruangan misalnya dengan jenis recessed light atau lampu yang tersembunyi di setiap sudut ruang dengan satu lampu utama di tengah-tengah. Dengan pencahayaan yang memadai, rumah tersebut pasti tidak akan terkesan sempit. Jika ingin menggunaakan chandelier, pilihlah chandelier dengan desain minimalis dan modern agar sesuai dengan tema rumah.

Gunakan Hiasan Seperlunya

Hiasan memang diperlukan untuk membuat rumah terlihat lebih cantik. Namun jika hiasan tersebut terlalu banyak, kehadirannya justru akan membuat interior terkesan sumpek atau berantakan. Jika ingin menggunakan tirai beludru atau karpet berat, sepertinya elemen ini kurang cocok digunakan. Penggunaan aksesoris yang bertujuan untuk mempercantik ruang seperti souvenir di sana – sini, guci, atau hiasan lainnya memang tidak salah. Tetapi cukup gunakan 1 atau 2 saja agar rumah tidak terkesan penuh.

Pada prinsipnya mendesain rumah minimalis modern tidak hanya sekedar mengandalkan desain arsitektur dari rumah tetapi juga cara menentukan dan menata barang yang ada di dalam rumah tersebut. Sebagai contoh, rumah bergaya minimalis lebih baik menggunakan 1 furniture dengan fungsi ganda dibandingkan menggunakan banyak perabotan kecil di dalam rumah. Selain itu cara lainnya adalah membuat banyak jendela agar pemandangan dari dalam dapat ‘tersambung’ ke luar sehingga terkesan lebih luas.